Bagaimana saya melakukan take over (mengambil alih/meneruskan kredit) sebuah properti dari orang lain?
Untuk mendapatkan properti tanpa modal sendiri alias gratis, maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah

Bagaimana kalau dalam perjalanannya saya tidak mampu membayar angsuran kredit ke bank?

Resiko bisnis ini selalu ada. Karena itu, saya selalu sarankan teknik membeli properti gratis ini tidak digunakan secara sembrono, sembarangan. Anda harus benar-benar mampu menghitung kemampuan finansial anda. Termasuk memiliki plan B atau rencana darurat bila sampai terjadi sesuatu. Misalnya saja kalau terjadi  penurunan hasil sewa properti karena sesuatu hal, maka anda tentu harus memiliki rencana atau cadangan untuk hal ini. Tapi kalau sudah memiliki rencana kondisi darurat tapi masih saja tidak menyelesaikan masalah dan sampai terjadi kredit macet, maka risikonya properti yang anda beli kredit itu akan dilelang. Buntutnya lagi, selama kredit anda belum lunas, maka anda akan di black list BI dan anda akan kesulitan mendapatkan kredit lagi.

Bagaimana dengan kerugian materi dan aspek hukumnya? 

Secara materi, anda mungkin rugi (tapi tidak banyak), apalagi kalau saat anda membeli properti ini tanpa modal sendiri (semua dibiayai bank). Demikian pula dengan kemungkinan aspek hukumnya pun tidak terlalu signifikan (kecil sekali, hampir tidak ada) karena masalah kredit ini sepengetahuan saya merupakan masalah perdata. Jadi selama dalam proses kreditnya tidak ada kecurangan maka tidak ada masalah hukum pidana. Kemungkinan terburuk, ya…. Anda hanya kehilangan properti anda. Nggak masalah kalau harus jual, jual aja…

Kalau sampai hal ini terjadi (kredit macet), maka bersikaplah kooperatif atau bekerjasama dengan bank. Jangan mempersulit pihak bank karena hal itu akan menyulitkan anda sendiri. Cari jalan penyelesaian terbaik dengan bank. Bagaimanapun, bank lebih senang dengan debitur yang kooperatif.

Saya yakin hal ini tidak akan terjadi kalau semua kita lakukan dilandasi dengan niat baik, perhitungan dan pertimbangan yang rasional.

 

Sumber Gambar : https://www.cermati.com/artikel/5-kpr-terbaik-yang-bisa-anda-pertimbangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *