Bagaimana trik-trik atau rahasia agar bisa sukses dalam pengajuan KPR walaupun kita punya masalah dalam syarat-syarat pengajuan KPR?
Biaya apa saja yang harus dikeluarkan untuk persetujuan kredit?

Kalau saya mau beli properti dari lelang, apakah aman? Bagaimana caranya?

Proses lelang adalah proses yang legal. Pemenang lelang dilindungi undang-undang. Demikian pulan, properti yang dibeli dari lelang, biasanya harganya murah. Bank yang melakukan lelang biasanya pula menetapkan harga minimal propertinya adalah harga taksasi/penilaian terakhir. Dan yang sering terjadi, penilaian terakhir itu lebih rendah dari penilaian saat kredit disetujui. Tapi seringkali ada masalah, terutama bagi pemilik properti. Ada yang rela propertinya di lelang, ada pula yang tidak rela propertinya di lelang. Kalau sampai pemilik lama tidak rela, biasanya mereka tidak mau mengosongkan rumah/propertinya. Kalau anda memenangkan lelang seperti ini maka anda akan keluar biaya pengosongan yang lumayan besar. Karena itu sebelum anda mengikuti lelang, sebaiknya mengetahui sikap pemiliknya. Anda bisa menanyakan kepada petugas lelang atau kepada petugas banknya. Bisa juga anda datang ke tempat pemiliknya dan menanyakan langsung sikapnya. Biasanya pemilik properti akan menjelaskan sikapnya kepada anda.

Meski terkesan ribet, tapi peluang mendapatkan properti lelang itu sangat besar dan menguntungkan. Jadi tidak perlu ragu, yang penting kesiapan dan informasi yang cukup anda miliki sebelum mengikuti lelang.

Peraturan mengikuti lelang umumnya seperti ini: 

  1. Lelang diumumkan di media cetak atau media lainnya
  2. Peserta lelang menyerahkan uang jaminan yang jumlahnya ditentukan panitia lelang. Jaminan ini akan dikembalikan kepada peserta yang kalah.
  3. Penawaran harga lelang bisa dilakukan secara tertutup atau terbuka, sesuai ketentuan panitia. Penawaran tertutup biasanya dimasukkan ke dalam amplop dan penawar tertinggi yang menang. Atau dengan penawaran terbuka, setiap peserta bisa menyebutkan angka kemudian diikuti oleh penawar lain dengan menyebutkan angka yang lebih tinggi.

    Sumber Gambar : http://lampung.tribunnews.com/2015/11/15/

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *