Mungkinkah Bikin Taman “Indoor” di Rumah Mungil? Begini Caranya…

Hanya 2 unit Rumah di Komplek Mampang Indah 2 Depok
Hebat, Belanda Punya Jembatan 3D Pertama di Dunia

Mungkinkah Bikin Taman “Indoor” di Rumah Mungil? Begini Caranya…

Siapa bilang rumah kecil enggak bisa punya taman? Bahkan, taman indoor pun bisa diaplikasikan pada sebuah rumah mungil lho… Kok bisa?

Di tangan orang-orang kreatif, semua hal jadi mungkin. Asal bisa memadupadankan hal-hal yang unik dan menarik, rumah mungil pun bisa menjadi home sweet home bagi kita.

Seperti yang dilakukan Hani Haryati. Rumah mungilnya yang berada di Bandung, Jawa Barat cukup viral di media sosial.

Lewat akun instagramnya, @hannibii, Hani membagikan bagaimana rumah mungilnya yang berukuran 45 meter persegi itu bisa memiliki taman indoor.

Penasaran? Nih lihat:

1. Tanaman gantung di halaman belakang

Salah satu sudut ruang makan
Salah satu sudut ruang makan ((Instagram @hannibii)

Punya lahan yang terbatas? Jangan ragu untuk memasang tanaman gantung. Selain hemat tempat, menciptakan tanaman gantung juga dapat menjadi siasat menutupi ruang yang belum terpakai lho.

Oiya, Anda tidak perlu harus memasang tanaman asli. Tanaman sintetis juga bisa jadi solusi bagi Anda yang tidak terlalu suka dengan kotor saat menyiram.

Selain digantung, tanaman sintetis atau tanaman asli juga bisa dipasang di dinding dengan menambahkan alas papan. Untuk tanaman ini, berbagai jenis kaktus atau tanaman hias lainnya, bisa dipajang di sini.

 

2. Tata tanaman tropis

Halaman depan
Halaman depan(Instagram @hannibii)

Untuk halaman depan, tanaman tropis bisa jadi pilihan hiasan taman mungil Anda. Tidak perlu cari yang besar, asal penataannya pas taman mungil Anda pun akan terlihat cantik.

Gunakan rumput jepang atau rumput gajah untuk menambah kesan hijau alami. Untuk memperkuat, gunakan bebatuan berwarna putih yang ditata membentuk pola tertentu.

Sementara itu, guna menambah kesan rustic, sebuah lampu gantung bisa digantungkan pada carport Anda.

3. Gabungkan ruang tamu dan ruang keluarga

Satukan ruang tamu dan ruang keluarga.
Satukan ruang tamu dan ruang keluarga.(Instagram @hannibii)

Untuk memberikan kesan luas, jangan beri sekat antara ruang tamu dan ruang keluarga Anda. Gabungkan saja.

Batasan antar ruang, sebenarnya dapat diberikan dengan memasang karpet kecil. Keberadaan karpet itu sebagai penanda, ‘oh Anda sudah berada di ruang keluarga’. Sementara, sebuah sofa lengkap dengan coffee table menjadi tanda bahwa Anda berada di ruang tamu.

Anda juga dapat mengganti tembok pembatas antara ruang utama dan halaman belakang dengan pintu kaca yang cukup tinggi. Dengan demikian, akan semakin mengesankan rumah Anda luas.

Sementara itu, untuk menambah kesan asri, beberapa tanaman gantung rambat bisa anda pasang. Selain itu, sebuah tanaman mungil plastik juga bisa Anda letakkan di atas coffee table.

4. Mau punya kolam ikan sekaligus taman? Kenapa tidak!

Kolam ikan di dalam rumah? Mungkin rencana itu tidak akan terpikir kalau rumah kita tidak cukup besar. Tetapi, apa salahnya untuk dicoba.

Letakkan di sudut paling belakang rumah, maka Anda bisa menikmati gemericik aliran air sepanjang hari.

Bila gemar memandangi ikan, mungkin Anda bisa menambahkan rumput sintetis di depan kolam Anda. Anda dapat memandanginya sepanjang hari tanpa khawatir kaki atau mungkin tubuh Anda kotor.

Untuk menambah kesan alami, jangan lupa gunakan bebatuan kecil berwarna putih yang ditata mengelilingi area rumput sintetis. Nah, area ini nantinya juga bisa lho digunakan sebagai tempat ngumpul seru bareng teman atau keluarga.

5. Bebaskan cahaya masuk

Gunakan bahan polycarbonate sebagai pengganti seng untuk menutupi halaman belakang.
Gunakan bahan polycarbonate sebagai pengganti seng untuk menutupi halaman belakang. (instagram @hannibii)

Anda tentu tak mau menghabiskan token listrik Anda untuk menyalakan lampu pada siang hari. Tetapi, Anda perlu pencahayaan yang cukup bagi ruangan dalam rumah Anda.

Menggunakan penutup kanopi berbahan polycarbonate mungkin bisa menjadi solusi. Cahaya dapat secara bebas memasuki ruangan rumah Anda. Dengan demikian, Anda tak perlu menghabiskan uang untuk membayar penggunaan listrik di siang hari.

6. Cerdas memanfaatkan ruang

Anda bisa menggunakan bagian atap yang didak untuk menyimpan barang atau kardus.
Anda bisa menggunakan bagian atap yang didak untuk menyimpan barang atau kardus.(instagram @hannibii)

Bila di halaman belakang rumah terdapat atap yang didak, manfaatkan itu sebagai tempat penyimpanan. Rumah yang mungil, cenderung memiliki ruangan terbatas. Oleh karena itu Anda perlu cerdik dalam menyimpan barang yang tidak terpakai, agar tetap rapi.

Untuk mengatasi kesan suram pada tempat penyimpanan itu, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman gantung. Dengan demikian, tempat penyimpanan itu akan tetap terlihat cantik.

7. Tambahkan tanaman rambat biar makin alami

Sisipkan tanaman merambat pada kanopi.Sisipkan tanaman merambat pada kanopi.

Sisipkan tanaman merambat pada kanopi.(instagram @hannibii)

Sisipkan tanaman rambat sintetis pada kanopi Anda. Selain untuk mengurangi teriknya matahari saat siang hari, tanaman rambat sintetis juga akan memberikan kesan asri pada rumah Anda.

Demikian beberapa hiasan taman untuk rumah mungil Anda. Tertarik?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *