Teknik Lain Meraup Untung dari Properti
Teknik Melipat Gandakan Passive Income Properti

Tiga Puluh Enam Cara Meningkatkan Nilai Properti Anda

Sebagaimana saya sampaikan saat anda membaca web www.propertifree.com, bahwa salah satu sifat properti adalah bahwa anda dengan mudah dapat meningkatkan nilai properti jauh lebih besar dari nilai yang anda keluarkan. Misalnya anda mengeluarkan uang untuk renovasi Rp10 juta, tapi nilai properti anda bisa naik harganya dari Rp200 juta menjadi Rp250 juta. Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual atau sewa properti yakni:

  1. Membangun garasi. Rumah yang ada garasi mobil akan lebih menarik dibandingkan dengan tanpa mobil.
  2. Membangun gudang kecil. Kadang-kadang, orang juga butuh gudang kecil di rumahnya untuk menyimpan barang-barang yang tidak sedang diperlukan. Rumah yang ada gudang biasanya lebih menarik karena calon pembeli akan membayangkan rumahnya akan rapi.
  3. Mengecat properti. Dengan mengeluarkan biaya Rp5 juta misalnya, rumah yang anda beli seharga Rp100 juta, bisa saja menjadi Rp170 juta. Lho, kok bisa begitu? Mengapa orang bersedia membeli Rp170 juta dan tidak membeli yang Rp100 juta tapi masih perlu di cat ulang? Ingat… tidak semua orang mau repot, ngawasin tukang bekerja. Apalagi, ketika melihat rumah yang jelek, bayangan mereka semakin jelek terhadap rumah itu. Mungkin dia akan mengira bahwa rumah itu tidak hanya cat-nya saja yang rusak, tapi mungkin kayunya patah, gentingnya rusak dan sebagainya. Maka mereka mengabaikannya dan sudah tidak melirik rumah itu sebagai target yang akan dibeli atau disewa. Tapi setelah anda cat, maka mereka akan merasa senang dan tertarik melihat rumah itu dan ingin segera menempatinya atau menyewanya. Ini adalah kondisi yang sering kita temui bukan?
  4. Mengganti talang yang rusak
  5. Membersihkan rumput halaman. Jangan heran, kalau dengan HANYA membersihkan rumput ilalang yang tumbuh subur dihalaman rumah, harga properti akan naik dan menarik minat calon pembeli. Hal ini sudah sering dibuktikan. Pada dasarnya, manusia itu senang dengan keindahan yang instan. Artinya, ketika seseorang melihat sesuatu yang kotor, maka biasanya seleranya akan turun. Tapi, kalau sesuatu sudah rapi dan indah, selera dan rasa senang akan muncul dengan sendirinya
  6. Mengganti pipa dan saluran air yang karatan dibagian depan rumah
  7. Memasang sistem pemanas atau pendingin (AC) yang baru
  8. Melengkapi dengan antena parabola
  9. Mengganti korden atau tirai
  10. Merapikan kamar mandi
  11. Membuat dapur baru
  12. Mengecat atap plafon
  13. Mengecat atau mengganti pagar
  14. Memasang sistem alarm
  15. Mengganti gagang pintu
  16. Menambah kolam renang
  17. Membongkar gudang tua
  18. Membersihkan karpet
  19. Mengeraskan jalan kendaraan masuk ke rumah
  20. Membangun taman
  21. Meningkatkan sewa ruangan komersial yang besar dengan cara membagi menjadi ruang kecil dan disewakan lebih mahal. Misalnya jika 300 meter persegi Rp5 juta perbulan, bisa saja hal ini memberatkan penyewa atau tidak sesuai dengan kebutuhan ruangan yang terlalu luas. Tapi dengan membagi 5 ruangan masing-masing 60 meter2, maka anda bisa memasang harga per 60m2 misalnya Rp1,3 juta. Jadi kalau ada 5 ruangan maka anda bisa mendapatkan Rp1,3 x 5 = Rp6,5 juta sebulan.
  22. Mengganti keramik lantai
  23. Melengkapi dengan furnitur
  24. Meningkatkan daya listrik misalnya dari 1300 watt menjadi 2400 watt atau sesuai dengan kondisi properti anda.
  25. Memasang internet
  26. Mengatur lagi sirkulasi udara, misalnya dengan menambah jendela
  27. Menata ruangan yang lebih bagus
  28. Memberikan penerangan yang memadai
  29. Melengkapi Sumur
  30. Membuat dapur kotor dan dapur bersih
  31. Memasang anti rayap
  32. Merapikan sistem pelistrikan terutama tempat colokan listrik agar terlihat rapi
  33. Tata letak lampu
  34. Jemuran Cucian
  35. Tandon Air
  36. Mempercantik Teras

Dan  lainnya….  silahkan  anda  berfikir   kreatif…  sesuai  dengan imajinasi anda! Dari beberapa ide diatas, anda tidak harus melakukannya semua. Anda hanya melakukan satu atau beberapa ide diatas dengan mengkombinasikannya, sesuai kondisi properti anda.

 

 

Sumber Gambar : https://www.intanblog.com/investasi-properti-menguntungkan/

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *